SAH!! KPU Belu Nyatakan Paket ROMAN Memenuhi Syarat, Berikut Daftar Sebaran Dukungan

Reporter : Redaksi Editor: Dhoru Vicente
  • Bagikan
Timorline.com

Atambua, Timorline.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu menyatakan rekapitulasi hasil verifikasi administrasi (vermin) dokumen syarat dukungan bagi pasangan calon perseorangan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Belu Periode 2024-2029 Hironimus Mau Luma, SPd, MM dan Theodorus Frederikus Seran Tefa, SM dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dan lolos untuk diproses ke tahap Verifikasi Faktual (Verfak)

Ketua KPU Belu Yohanes Ata Palla mengungkapkan hal itu pada rapat penyampaian rekapitulasi hasil verifikasi administrasi dokumen syarat dukungan bakal calon perseorangan Paket ROMAN di Kantor KPU Belu, Sabtu (01/06/2024) yang dihadiri Ketua Bawaslu Belu Agustinus Bau dan anggota serta kedua pasangan calon.

“Jadi, hari ini kami sampaikan
bahwa hasil vermin bagi pasangan Paket ROMAN dinyatakan telah Memenuhi Syarat (MS) dan lolos ke tahap selanjutnya,” ungkap Yohanes Ata Palla, disambut tepuk tangan peserta rapat.

Baca Juga :  Video Visi Misi Paket ROMAN Viral di Medsos, Ini Penjelasan Jubir

Devisi Teknis Penyelenggara KPU Belu Yoni A. Neolaka menjelaskan, sejak proses penyerahan dokumen syarat dukungan minimal dan sebaran hanya ada satu pasangan bakal calon yakni Paket ROMAN yang menyerahkan sebanyak 18.751 syarat dukungan yang tersebar di 12 Kecamatan di Kabupaten Belu. Dari syarat tersebut, terdapat 16.935 dukungan dinyatakan Memenuhi Syarat (MS), 857 dukungan Belum Memenuhi Syarat (BMS) dan 959 dukungan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Nahhh, kita melihat dari angka MS, dia melebihi syarat minimal yaitu 16.131 yang ditetapkan oleh KPU Belu dan sebaran minimal di 7 kecamatan tapi syarat dukungan yng diserahkan tersebar di 12 kecamatan maka ini dinyatakan MS dan lolos ke verifikasi faktual,” beber Yoni.

Yoni menuturkan, sesuai surat edaran KPU RI No. 815 tahun 2024 tertanggal 28 Mei 2024, bagi pasangan bakal calon perseorangan yang sudah memenuhi syarat dapat melakukan perbaikan terhadap dukungan yang statusnya BMS untuk diperbaiki dan dapat menambah dukungannya dari 3-7 Juni 2024.

Baca Juga :  Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes Resmi Jabat Danrem 161/WS Kupang

“Jika Paket ROMAN mau lakukan perbaikan dan penambahan dukungan dan menyerahkan ke KPU untuk mencermati dan memenuhi syarat maka KPU akan melakukan verifikasi administrasi perbaikan sampai 18 Juni 2024. Kalo pun tidak dilakukan maka status Paket ROMAN tetap MS untuk mengikuti proses verifikasi faktual nanti,” ujarnya.

Bakal calon Bupati Belu Paket ROMAN, Hironimus Mau Luma usai menerima hasil verifikasi administrasi KPU Belu kepada wartawan menyampaikan apresiasi atas kinerja penyelenggara Pilkada, KPU dan Bawaslu Belu, yang telah melaksanakan proses tahapan calon pasangan perseorangan secara baik.

  • Bagikan