Membangun NTT dari Desa!

Reporter : Redaksi Editor: Cyriakus Kiik
  • Bagikan
Timorline.com

Wawancara Singkat dengan Ir. Thomas Seran, MM, Calon Anggota Dewan Perwakilan Daeah NTT

Pewawancara: Benyamin Mali – Diaspora Malaka Jakarta

PROPINSI Nusa Tenggara Timur (NTT) terbagi atas 21 daerah kabupaten dan 1 Kota, 315 kecamatan, dan 3.442 Desa. Mayoritas penduduknya tinggal di DESA, yang kebanyakan tergolong ‘desa tertinggal’.

Kondisi real yang ‘memprihatinkan’ ini perlu dicarikan jalan keluarnya. Di sini dituntut suatu ‘perhatian ekstra’ dari para pemimpin daerah agar pada suatu saat nanti desa-desa ini dapat keluar dari ‘ketertinggalannya’, lalu menyandang predikat ‘desa maju’ dan/atau ‘desa mandiri’.

Ir. Thomas Seran, MM, calon anggota DPD RI, asal Umamolin, Besikama, Kabupaten Malaka, dalam Pemilihan Umum 2024 mengangan-angankan 3.442 Desa NTT itu menjadi ‘DESA-DESA MANDIRI’ kendatipun angan-angan ini mesti menempuh suatu proses tahap bertahap yang panjang.

Dengan visi “Membangun Desa Mandiri untuk Kemajuan NTT”, Ir. Thoser bertekad membawa keluar desa-desa NTT dari status ketertinggalannya menuju suatu status yang terpandang, Desa Maju atau Desa Mandiri. Angan-angan ini sesungguhnya bukan hanya cita-cita seorang Ir. Thoser, tetapi juga angan-angan dan impian setiap Desa, bahkan angan-angan dan impian setiap individu warga Desa dan setiap keluarga dalam komunitas Desa sebagai suatu keseluruhan.

Artikel ini diramu dari wawancara langsung penulis dengan Ir. Thoser, Manu MEO Malaka yang coba mengganti medan kerjanya yang sukses di dunia usaha ke dunia politik. Mari kita ikuti apa kata jebolan Fakultas Pertanian, Jurusan Ekonomi Pertanian, Univeritas Nusa Cendana Kupang ini. Berikut nukilannya secara dialog:

Tanya: Anda sudah sukses meniti karier di dunia usaha yang tergolong langka, yang tidak sembarang orang bisa masuk ke dalamnya. Untuk usaha itu, Anda melanglang buana ke banyak negara di dunia: Eropa, Amerika, Cina, Jepang, Korea, dan negara-negara ASEAN. Apa yang memotivasi Anda untuk terjun ke dunia politik, dengan mencalonkan diri menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia atau DPD RI, daerah pemilihan Provinsi NTT?

Baca Juga :  Liurai Malaka dan Para Fukun Rame-rame Dukung Emanuel Makaraek ke Kursi Malaka-1
  • Bagikan