Mau Tahu Siapa saja Bacabup dan Bacawabup Malaka 2024, Simak di Sini

Reporter : Cyriakus Kiik Editor: Cyriakus Kiik
  • Bagikan
Timorline.com

Searah jarum jam: Simon Nahak, Stefanus Bria Seran, Kim Taolin, Blasius Seo, Jack Bouk dan Emanuel Makaraek. (Foto Kolase: Cyriakus Kiik/Timorline.com). 

GENDANG Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 sudah ditabuh. Tahapannya juga sudah dimulai. Sebagian Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Pemerintah Daerah (Pemda) penyelenggara Pilkada sudah menandatangani Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bernilai miliaran.

Salah satu daerah penyelenggara Pilkada Serentak 2024 adalah Kabupaten Malaka di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk event ini, KPU Malaka sebagai penyelenggara mengajukan Rp29 miliar lebih. Sedangkan untuk pengawasan dan pengamanan, Bawaslu mengajukan Rp9 miliar lebih, TNI Rp1 miliar lebih dan Polri Rp4 miliar lebih.

Bahkan, untuk kegiatan pengamanan, pada 12 Pebruari 2024 lalu, alokasi dana hibah pengamanan Pilkada 2024 itu sudah ditandatangani antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka dengan pihak TNI dan Polri sebesar RpRp5.826.910.000,00 atau Rp5,8 Miliar. Rinciannya, Rp4 Miliar di antaranya akan diserahkan kepada Polres Malaka dan Kodim 1605/Belu sebesar Rp1.826 910.000,00 atau Rp1,8 Miliar. Anggaran ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemkab Malaka TA 2024.

Tetapi, siapa saja Bakal Calon Bupati (Bacabup) dan Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) Malaka 2024 ? Hmmm….. beberapa nama saat ini sedang dalam pergunjingan masyarakat Malaka. Nama-nama itu antara lain Stefanus Bria Seran, Simon Nahak, Kim Taolin, Blasius Seo, Yakobus Bouk dan Emanuel Makaraek. Keenam figur ini diincar sebagai Bacabup.

Stefanus Bria Seran adalah Bupati Malaka perdana Periode 2016-2020. Saat itu, Stefanus Bria Seran yang memilih nama perjuangan politik SBS berpasangan dengan Daniel Asa sebagai Wakil Bupati. Kini, SBS disebut-sebut bakal maju lagi sebagai bupati. Kim Taolin disebut-sebut sebagai Bacawabup-nya. Inilah salah satu pasangan calon (Paslon) yang bakal maju dengan tagline SBS-KITA. Tim keluarga Paslon ini disebut-sebut sudah terbentuk. Bahkan, di mobil-mobil pribadi tertentupun sudah ditempelkan stiker: SBS-KITA.

Baca Juga :  PPWI Babel Gelar Rakor Persiapan HUT PPWI ke-16

Bila Paslon ini harga mati, dua partai politik pengusungnya adalah Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Maklum, saat ini PKB dipimpin Kim Taolin. Sedangkan Golkar dipimpin Adrianus Bria Seran. Saat ini menjabat Ketua DPRD Malaka yang adalah adik kandung SBS.

Masih di posisi Bacawabup, Kim Taolin disebut-sebut siap mendampingi Blasius Seo. Keduanya disebut-sebut sudah bersepakat. Blasius maju sebagai Bacabup dan Kim sebagai Bacawabup. Atas kesepakatan itu, Kim sarankan kepada Blasius beberapa waktu lalu untuk mulai gencar sosialisasi diri dengan membuat dan memasang baliho sebagai Bacabup di seluruh wilayah Kabupaten Malaka. Blasius setuju. Baliho Blasius pun terpasang di seluruh wilayah Kabupaten Malaka.
Tulisan baliho berwarna hijau. Isyaratnya, Blasius Seo-Kim Taolin siap maju Pilkada Malaka melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Maklum, saat ini PKB Kabupaten Malaka diketuai Kim Taolin.

Selain PKB, Blasius Seo-Kim Taolin menggandeng juga Partai Garuda. Karena itulah, di Pemilu 2024 ini, Kim Taolin ikut mengarsiteki Partai Garuda untuk punya kursi di DPRD Malaka melalui Pemilu 2024.

Bacabup dan Bacawabup lainnya adalah Kim Taolin-Benny Chandradinata. Meskipun Kim Taolin disebut-sebut sebagai Bacawabup yang akan berpasangan dengan SBS atau Blasius Seo tetapi Kim Taolin secara diam-diam juga siap maju sebagai Bacabup. Posisinya saat ini sebagai Wakil Bupati (Wabup) untuk Bupati Simon Nahak sangat menguntungkannya untuk maju sebagai Bacabup. Tim keluarga pasangan Kim Taolin-Benny Chandradinata disebut-sebut diam-diam sudah terbentuk. Beberapa keluarga di wilayah berbeda aktif membicarakan pasangan ini. Terutama hubungan politik yang sudah terjalin kuat antara keluarga Taolin dengan Benny saat Pilkada perdana Malaka 2015. Saat itu, Benny sebagai orang muda yang juga baru terpilih menjadi anggota sekaligus Wakil Ketua DPRD Malaka, berpasangan dengan Taolin Ludovikus, ayah dari Kim Taolin. Dengan hubungan emosional yang sudah terbangun seperti itu, Paslon Kim-Benny berharapan kuat maju dan memenangkan Pilkada Malaka 27 Nopember 2024.

Baca Juga :  Emanuel Makaraek Daftar di Partai Gerindra Malaka sebagai Bacabup

Sebagai orang muda, paslon ini akan diterima anak-anak muda sebagai wakil mereka di pemerintahan. Kekuatan dukungan massa kaum milenial juga akan dikerahkan untuk memenangkan paslon ini.

Dukungan massa kaum milenial ini akan diperkuat dengan dukungan massa partai politik. Maklum, saat ini Kim Taolin adalah Ketua DPC PKB Kabupaten Malaka. Sedangkan Benny adalah Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Malaka.

Paslon berikut adalah Yakobus Bouk-Marius Boko. Dalam Pilkada Malaka 2020, Yakobus Bouk adalah tim pemenangan diaspora Malaka untuk Simon Nahak dan Kim Taolin. Di tangan Jack, seluruh kekuatan masyarakat Malaka mengantar Simon Nahak dan Kim Taolin ke kursi Malaka 1 dan 2 saat ini.

  • Bagikan