Kristalisasi Perjuangan PDIP

Reporter : Redaksi Editor: Cyriakus Kiik
  • Bagikan
Timorline.com

Oleh: Saiful Huda Ems

TIDAK ada partai politik yang begitu kuat dan tahan menahan berbagai serangan dari segala penjuru dan dari waktu ke waktu kecuali PDIP. Tidak ada partai politik yang berhasil melahirkan begitu banyak kader potensial, populer dan sangat digandrungi oleh rakyat dari kalangan atas hingga menengah ke bawah kecuali PDIP. Dan hanya PDIP lah partai politik yang berhasil mengorbitkan orang-orang pinggiran menjadi politisi-politisi berkelas, tanpa harus berjualan agama dan tanpa harus mengorbankan rakyat dan menggadaikan komitmen nasionalismenya.

 

Maka sangat cerdas sekali ketika PDIP (dahulu PDI) –setelah dicoba dihancur leburkan oleh Rezim Orde Baru–tidak memilih balas dendam politik dengan fokus untuk menghancurkan partai politik pendukung Rezim ORBA (Partai Golkar misalnya), namun memilih lebih fokus untuk menjadikan PDIP sebagai partai yang modern, profesional.

Baca Juga :  Catatan Kritis terhadap Peraturan Presiden Nomor 32 tahun 2024

 

Ini semua dilakukan oleh PDIP yang diketuai oleh Ibu Megawati Soekarnoputri dan Sekjennya dari waktu ke waktu, dan semakin modern dan profesional lagi ketika Sekjen PDIP dijabat oleh Mas Hasto Kristiyanto, yang pribadinya nampak menghindari popularitas namun istiqomah mendampingi perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri untuk membangun partai dengan tidak lagi bersedia menjadi anggota DPR RI, setelah sebelumnya Mas Hasto banyak disibukkan dengan urusannya di DPR RI. Dan atas kerelaan Mas Hasto yang memilih lebih fokus membangun partai inilah, Bu Megawati dan Mas Hasto berhasil modernisasi dan memprofesinalisasi PDIP melalui proses pendidikan dan pengkaderan.

  • Bagikan