Gereja Ortodoks Rusia di Indonesia Ingin Bergabung ke PGI

  • Bagikan
Timorline.com

Jakarta, Timorline.com – Gereja Ortodoks Rusia atau Patriark Moskwa (Rusia) di Indonesia ingin bergabung dalam Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI).

Keinginan tersebut disampaikan Gereja Ortodoks Rusia diwakili Uskup Jakarta Bishop Vladyka Pitirim saat diterima Sekretaris Umum (Sekum) Pdt. Pdt. Jacky Manuputty dan Wakil Sekum PGI Pdt. Krise Gosal di Graha Oikumene, Kawasan Salemba, Rabu (09/08/2023).

“Tujuan kedatangan mereka ke PGI untuk meminta advice PGI dalam proses registrasi mereka yang sementara dikerjakan. Baik dari registrasi mereka sebagai Gereja Orthodox Rusia di pemerintah Indonesia, tetapi juga keinginan mereka untuk meregistrasi sebagai anggota PGI,” ujar Pdt. Jacky sebagaimana dikutip PGI.OR.ID edisi tayang 10 Agustus 2023.

Baca Juga :  159.557 Narapidana dan Anak Binaan Muslim Terima Remisi dan Pengurangan Masa Pidana Khusus Idulfitri 1445 Hijriah

Menurut Pdt. Jacky, keinginan ini sebenarnya sudah pernah disampaikan oleh Orthodox Metropolitan of Singapore and South East Asia, membawahi 4 diosis orthodoks di Asia Tenggara yang beranggotakan 13 negara, termasuk Indonesia.

“Keinginan ini pernah disampaikan Orthodox Metropolitan of Singapore, saat pertemuan dengan Ketum PGI Pdt. Gomar Gultom, dan saya selaku Sekum PGI, ketika berlangsungnya Sidang Gereja Sedunia di Karlsruhe, Jerman, tahun 2022,” ungkapnya.

  • Bagikan