Keuskupan Atambua Buka Pendaftaran Peserta Kunjungan Paus Fransiskus di Dili

Reporter : Redaksi Editor: Cyriakus Kiik
  • Bagikan
Timorline.com

Paus Fransiskus. Inzet: Uskup Agung Dili Mgr. Virgilio do Carmo da Silva, SDB (kiri) dan Uskup Atambua Mgr. Dominikus Saku, Pr (kanan).

Betun, Timorline.com – Keuskupan Atambua membuka kesempatan bagi umat katolik di wilayah itu untuk mendaftarkan diri sebagai peserta kunjungan Paus Fransiskus di Dili, ibukota negara Timor Leste.

Keuskupan Atambua membuka kesempatan Pendaftaran itu terkait  rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Dili pada 9-11 September 2024. Langkah itu dilakukan setelah pihak Keuskupan Atambua berkoordinasi dengan Pimpinan Gereja Keuskupan Agung Dili.

Atas koordinasi Keuskupan Atambua dan Keuskupan Agung Dili, diumumkan kepada peserta kunjungan Paus Fransiskus asal Keuskupan Atambua memperhatikan syarat-syarat berikut:

1. Memiliki Passport yang masih berlaku sekurang-kurangnya 9 bulan ke depan terhitung mulai hari H (H+9 bulan);
2. Membentuk kelompok-kelompok sebanyak 1 kendaraan roda empat (diutamakan bus), dengan kelengkapan surat-surat yang masih berlaku. Tidak diperkenankan menggunakan truk, atau pick up. (kuota dari tiap-tiap paroki ditentukan berdasarkan jumlah umat dan besar/kecilnya paroki);
3. Sehat jasmani dan rohani dengan ketentuan mampu berjalan kaki dan lancar 2 kali 6 km (Tibar-Tasi Tolu PP);
4. Membawa uang minimal 100 U.S Dolar dan perlengkapan pribadi seperlunya, termasuk konsumsi bila diizinkan;
5. Semua peserta harus tunduk di bawah ketentuan hukum Negara Timor Leste;
6. Peserta bukanlah orang-orang yang “bertangan darah” pada saat konflik Tim-Tim 1999;
7. Peserta dari lembaga atau institusi Pemerintah dan TNI/Polri hendaknya mengikuti prosedur administrasi dan kedinasan di lingkup instansi masing-masing;
8. Pendaftaran melalui Pastor Paroki masing-masing.

Baca Juga :  Presiden Jokowi dan PM Timor Leste Bahas Pembentukan Kawasan Ekonomi Kedua Negara

Disebutkan pula, persyaratan lain akan dibicarakan pada sidang-sidang koordinasi selanjutnya dengan pihak-pihak yang berkepentingan.

Pendaftaran peserta dilakukan melalui Pastor Paroki masing-masing dan dilaporkan ke Puspas dengan kontak person: Yosef ML Hello no. 082144886498. Batas akhir pendaftaran 16 Juli 2024 pukul. 13.30 WITA.

Kesempatan pendaftaran peserta kunjungan Paus Fransiskus tersebut sesuai Pengumuman Keuskupan Atambua Nomor: 131/2024, Perihal: Pengumuman Pendaftaran Peserta Kunjungan Paus Fransiskus di Dili.

Pengumuman itu ditujukan kepada para Deken, Pastor Paroki, Pimpinan Instansi Pemerintah, Pimpinan Biara dan Pimpinan Lembaga Pendidikan Katolik se-Keuskupan Atambua, yang ditandatangani Sekretaris Umum Puspas Keuskupan Atambua Yosef M.L Hello, Mengetahui Uskup Atambua Mgr. Dominikus Saku, Pr

Baca Juga :  Presiden Resmi Jadikan Dewan Pers Sebagai Regulator

Adapun Tembusan Pengumuman itu disampaikan kepada para bupati se-Keuskupan Atambua, Kepala PLBN Motaain, Kepala Kantor Imigrasi Atambua dan Ekonom Keuskupan Atambua. ***

  • Bagikan