Wakalemdiklat Polri Dorong Peran Bhabinkamtibmas di Era Citizen Journalism

Reporter : Redaksi Editor: Cyriakus Kiik
  • Bagikan
Timorline.com

Bandung, Timorline.com – Peran Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak pembinaan dan pelayanan masyarakat di Indonesia cukup memberi kontribusi besar atas tetap terjaganya citra positif Kepolisian Republik Indonesia. Sayangnya peran penting anggota Bhabinkamtibmas ini belum pararel dengan jaminan kesejahteraannya.

Kondisi dan kinerja para anggota Bhabinkamtibmas ini menuai simpati dan perhatian serius Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mabes Polri Irjen Pol. Dr. Eko Budi Sampurno, MSi. Mantan Kapolda Sulawesi Barat Irjen Eko pun menginisiasi pelaksanaan kegiatan: Asistensi Optimalisasi Peran Bhabinkamtibmas di Era Citizen Journalism bekerjasama dengan Dit Binmas Polda Jawa Barat.

Irjen Eko memaparkan materi tentang Citizen Journalism atau Jurnalisme Warga di depan 100 lebih anggota Bhabinkamtibmas yang berasal dari 5 Polres di Jawa Barat (Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka, Garut).

Baca Juga :  Air Mata Bahagia Mekas Hila Menyambut Sang Anak

“Kami membuat program pelatihan citizen journalism dengan melatih anggota Bhabinkamtibmas bagaimana mempromosikan diri dan kegiatannya atau menulis informasi tentang kegiatan di desa atau kelurahan untuk kepentingan di wilayah kerjanya,” terang Irjen Eko saat pemaparan di Ruang Aula Polresta Cirebon baru-baru ini.

Dalam pemaparannya, Irjen Eko juga mengatakan, implementasi citizen journalism melalui kegiatan pengumpulan informasi masyarakat, penyampaian informasi berupa dokumentasi video dan foto yang tak jauh berbeda dengan jurnalis profesional.

  • Bagikan