Struktur Kelembagaan PPT Desbumi Lembata Terbentuk

Reporter : Floresty Editor: Cyriakus Kiik
  • Bagikan
Timorline.com

Lewoleba, Timorline.com – Desa Peduli Buruh Migran (Desbumi) sebagai inisiatif multi pihak di tingkat desa untuk memberikan proteksi terhadap para pekerja migran di Kabupaten Lembata Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kini mulai membentuk struktur kelembagaan Pusat Pelayan Terpadu (PPT) sebagaimana dimandatkan dalam Perdes dari masing-masing desa.

Untuk diketahui, saat ini di Lembata terdapat sembilan Desbumi yang tersebar di tiga kecamatan, yakni Ile Ape, Ile Ape Timur dan Lebatukan.

Melalui Workshop Pembentukan PPT Desbumi yang diinisiasi Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS), dan dihadiri pemerintah desa di wilayah Desbumi, para pemangku kepentingan di kesembilan desa itu bersepakat membentuk strukur PPT sesuai dengan mandat Perdes dari setiap desa.

Baca Juga :  Air Mata Bahagia Mekas Hila Menyambut Sang Anak

Untuk diketahui, sebelumnya terdapat enam Desbumi yang telah memiliki PPT, namun karena adanya revisi Perdes yang disesuaikan dengan UU 18/2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, maka kelembagaan PPT harus disesuaikan dengan mandat Perdes hasil revisi. Sementara tiga desa lainnya yang merupakan Desbumi perluasan tahun 2023 baru memiliki layanan PPT yang telah ditetapkan kelembagaannya.

  • Bagikan