PPWI Gandeng Glous Tech Info Adakan Lomba Menulis Bertema Pengamanan Aset Digital

Reporter : Redaksi Editor: Cyriakus Kiik
  • Bagikan
Timorline.com

Jakarta, Timorline.com – Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) menyelenggarakan lomba menulis tingkat nasional dengan tema khusus tentang pengamanan aset digital di media online. Lomba ini terselenggara atas kerjasama PPWI dengan perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia, PT. Glous Tech Info, yang bergerak di bidang pelayanan dan penyedia jasa pengamanan aset digital. Informasi detail tentang lomba dimaksud dapat dilihat berikut ini.

Prolog

Sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) adalah semacam kode khusus di server website yang memberikan keamanan untuk komunikasi online. Saat browser web menghubungi situs website Anda, Sertifikat SSL mengaktifkan koneksi terenkripsi (konversi data dan informasi ke dalam kode tertentu). Ini ibarat menyegel surat di dalam amplop sebelum mengirimkannya melalui pos. SSL adalah teknologi standar untuk mengamankan koneksi internet dengan mengenkripsi data yang dikirim antara situs website dan browser atau antara dua server.

Baca Juga :  Cegah Penularan TBC, Warga Binaan Lapas Atambua Dapat Layanan Kesehatan ACF X-RAY

Secara sederhana, Sertifikat SSL menjadi jaminan keamanan bagi website dan pengunjung website. Saat ini sertifikat SSL menjadi kebutuhan penting setiap website. Website tanpa Sertifikat SSL akan ditandai “tidak aman” bahkan dikategorikan sebagai website penipuan oleh browser ternama seperti chrome dan firefox. Kepada para pelanggan website dimanapun, browser akan memberi peringatan bahwa website yang dikunjungi aman yang ditandai dengan penggunaan Sertifikat SSL.

Sejak tahun 2018, Chrome mengutamakan website dengan penggunaan Sertifikat SSL dan memberikan peringatan “website yang Anda kunjungi tidak aman” bagi website yang tidak menggunakan Sertifikat SSL. Dengan kata lain bahwa penggunaan sertifikat SSL membantu dalam proses perangkingan SEO (Search Engine Optimalization) sebuah website pada pencarian google, karena lebih diutamakan. Selain itu, transmisi data yang dilakukan lebih privasi dan aman dari serangan phising. Kredibilitas website yang tinggi dan menjadikan pemiliknya lebih percaya diri di kalangan pengelola website.

Baca Juga :  Kakanim Atambua K.A. Halim Pamitan kepada Forkompimda Belu

Untuk keperluan pengiriman informasi dan data melalui internet, para pihak menggunakan S/MIME (Secure/Multipurpose internet Mail Extensions) yang diterima secara luas untuk berkirim pesan yang ditandatangani secara digital dan terenkripsi. S/MIME digunakan oleh berbagai pihak, baik lembaga pemerintah dan swasta, organisasi, maupun individu, untuk volume skala besar maupun kecil.

Tema

SSL dan S/MIME sebagai Perangkat Pengamanan Aset Digital di Era Teknologi Informasi.

Peserta

  • Bagikan