Erupsi Gunung Lewotobi, GusduRian Peduli Salurkan 5.000 Lembar Masker dan Air Bersih

Reporter : Floresty Editor: Redaksi
  • Bagikan
Timorline.com

Larantuka, Timorline.com – Sebanyak 5.000 lembar masker disalurkan GusduRian Peduli sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap warga terdampak erupsi gunung Lewotobi Laki-laki di Kecamatan Wulanggitang, Kabupoaten Flores Timur, Nusa Tengaran Timur (NTT).

Selain masker, GusduRian Peduli juga akan menyalurkan air minum bersih selama sebulan penuh dengan fokus pada pengungsi yang ditampung di rumah-rumah warga yang mengalami kesulitan air bersih.

Selain menyalurkan bantuan, GusduRian Peduli juga melakukan kaji cepat kedaruratan bencana melalui relawannya yang berada di Flores Timur.

Selain kaji cepat kedaruratan bencana dan pemberian bantuan yang menjadi kebutuhan mendesak saat ini, GusduRian Peduli juga melakukan advokasi pelayanan kesehatan. Dari hasil kaji cepat beberapa kebutuhan yang diperlukan pengunsi saat ini antara lain, alas tidur bagi pengungsi di rumah-rumah penduduk, obat-obatan, dan juga pelayanan kesehatan mobile.

Baca Juga :  PPWI dan LSP Pers Indonesia Teken MoU di Kantor DPD RI

Hasil asesment GusduRian Peduli menemukan beberapa kebutuhan yang harus segera ditangani adalah alas tidur bagi pengungsi di rumah-rumah warga yang hidupnya serba keterbatasan. “Kalau mereka yang ditampung di rumah-rumah keluarga yang mampu tidak terlalu bermasalah, namun mereka yang menginap di rumah keluarga yang ekonomi pas-pasan mengalami banyak kesulitan mulai dari bahan pangan, air bersih dan alas tidur. Bahkan ada yang tidur di lantai tanah dengan alas seadanya,” ujar Mansetus Balawala, salah seorang relawan Gusdurian Peduli yang turun ke lapangan bersama 3 orang rekannya sejak 5 Januari 2024 untuk melakukan pendataan dan asesment kebutuhan.

  • Bagikan