QUO VADIS? Emanuel Makaraek: Saya Sudah Siap

Reporter : Cyriakus Kiik Editor: Cyriakus Kiik
  • Bagikan
Timorline.com

Searah jarum jam: Bacabup Malaka 2024 Emanuel Makaraek (tengah) bersama enam figur yang diincar menjadi Bacawabup: Kim Taolin, Ronaldo Asury, Paulus Un Lala, Emanuel Wempi, Paulus Taek dan Benny Chandradinata. (Foto Kolase: Cyriakus Kiik/Timorline.com)

QUO VADIS? Dua kata ini tertulis dengan huruf kapital pada tulisan latar belakang: Syukuran Ulang Tahun (29-02-2024) dan Purna Tugas Sebagai PNS (01-03-2024, Masa Abdi 32 Tahun) Drs Emanuel Makaraek, MSi.

Bacabup Malaka 2024 Emanuel Makaraek. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com).Bacabup Malaka 2024 Emanuel Makaraek. (Foto: Cyriakus Kiik/Timorline.com). 

Usai santap bersama, Emanuel Makaraek berkesempatan berbagi pengalaman selama berada di lingkungan birokrasi pemerintahan 32 tahun sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Nuel, begitu akrabnya Emanuel Makaraek, lahir di Leunklot pada 29 Pebruari 1964. Ketika memasuki usia sekolah, Nuel menjalani pendidikan Sekolah Dasar (SD) di SDK Besikama pada 1976. Selanjutnya menjalani pendidikan SLTP di SMPK Santo Isidorus Besikama (tamat 1980) dan SLTA di SMAK Bina Karya Atambua (tamat 1984).

Baca Juga :  Calon Paskibraka 2024 Asal SMAN Malaka Timur dan SMA Swasta Cendana Boas Malaka-NTT Jalani Seleksi Teknis dan Fisik

Untuk kuliah, Nuel menempuh pendidikan Strata-1 (S1) pada Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang (tamat 1990). Di sela-sela wisuda S1 di Unwira Kupang pada 1990, Nuel diminta pimpinan universitas untuk menjadi dosen di kampus swasta tersebut. Permintaan itupun tidak langsung kepadanya tetapi melalui bapaknya. Tetapi, Nuel menolaknya dengan cara yang santun. Maklum, Nuel termasuk salah satu mahasiswa berprestasi di Unwira Kupang. Atas prestasi yang dimiliki, Nuel mendapat beasiswa dari kampus. Tanggungjawab orangtua menjadi ringan.

Dari Unwira Kupang, bapak empat anak ini melanjutkan studi Pascasarjana (S2) Administrasi Negara Konsentrasi Administrasi Pemerintahan Daerah) pada Universitas Brawijaya (Unbra) Malang (tamat 2003). Di kampus terakhir ini, saat ini Nuel sedang menekuni Program Doktor Ilmu Administrasi Konsentrasi Administrasi Publik).

Baca Juga :  Pemdes Lamawolo Bantu Peralatan Produksi Untuk Komunitas PMI

Karirnya dimulai dengan menjadi Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Kota Atambua-Kabupaten Belu. Di daerah ini, Nuel sempat menduduki posisi Eselon IV di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Belu, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Kabupaten Belu dan Kesbangpol Linmas Kabupaten Belu.

  • Bagikan